-->

5 Cara Jitu Memperbaiki MEMORY CARD yang RUSAK / Tidak Terbaca diAndroid

5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau tidak terbaca di android - Tips jitu untuk perbaiki Memory SD yang rusak yang mungkin masih bisa kalian betulkan dan pakai kembali untuk menyimpan file - file penting kalian.


Kartu MEMORY CARD atau Micro SD yang biasa pula disebut dengan memory eksternal ini memang merupakan suatu perangkat yang paling banyak dibutuhkan utnukmenyimpan semua data - data dan file - file penting pada ponsel smartphone kalian. meski saat ini banyak sekali perangkat dan gadget yang umumnya sudah mempunyai Memory eksternal yang cukup besar tapi tetap saja banyak yang maih membutuhkan tambahan memory eksternal / micro SD untuk menambah daya penyimpanan diponsel smartphone mereka.

Dan jika kalian sering menggunakan dan memakai micro sd / memory card pastinya pernah mengalami yang namanya Memory card rusak atau kartu SD eksternal tidak dapat terbaca di ponsel android kalian. Dengan kerusakan yang seperti itu,maka tentunya kalian akan mengalami kesulitan untuk memindahkan file -file / data - data penting anda yang ada di memory eksternal kalian tersebut. Dan untuk mengatasi masalah Memory SD yang tidak dapat terbaca di perangkat smartphone kalian, mimin menyediakan 5 Cara Jitu untuk Memperbaiki Memory card yang rusak dan tidak dapat terbaca di android atau smartphone kalian. dan berikut ulasan mengenai cara memperbaiki Micro SD yang rusak/ tidak terbaca di ponsel android sobat:




Cara Memperbaiki Memory card yang rusak / tidak terbaca di smartphone

1. Coba Bersihkan Memory Card (Micro SD) kalian
♣ Untuk pertolongan pertama yang sangat mudah jika masalah tersebut terjadi pada ponsel kalian maka langkah yang paling mudah adalah dengan membersihkan Memory card kalian dengan mengeluarkan kartu SD sobat dari smartphone kalian dan tentunya pastikan terlebih dahulu kalian sudah mematikan smartphone kalian.

♣ Kemudian bersihkan Lempengan Tembaga yang berwarna kuning di balik micro SD tersebut dengan kapas atau penghapus pensil (yang warna putih kalo ada) dan kemudian gosok secara perlahan hingga lempengan tembaga terlihat bersih dan mengkilat.

♣ Setelah yakin bersih, maka masukan kembali ke Slot Memory micro SD yang ada pada ponsel kalian dan kemudian silahkan periksa sudah terbaca atau belum !

2. Melakukan Format Micro SD di Smartphone kalian
Langkah cepatnyauntuk melakukan format via ponsel adalah; Masuk ke menu Setting → Storage.

kurang lebih akan muncul seperti gambar di atas, dan di dalam menu tersebut akan terdapat pilihan Erase SD Card (Format SD Card) dengan cara menghapus semua data di micro SD maka semua data dan virus - virus yang terdapat di memry akan lenyap seketika seperti baru kembali.

3. Melakukan Pengecekan ERROR dari PC/KOMPUTER
♦ Cara cek error dari PC/Laptop: kalian hubungkan smartphone kalian dengan PC/Laptop kalian dengan kabel data (USB).
♦ lalu pastikan smartphone sobat sudah terhubung dalam keadaan mass storage mode (MSC), Teliti dengan seksama bukan terhubung dalam keadaan Media Transfer Mode (MTP).
♦ Lalu kalian buka windows ekplorer diPC kalian kemudian Klik Kanan pada Drive kartu memory lalu pilih Property (properties) → Tools →Error Chacking. Dan kalian tunggu sampai semua proses yang dijalankan selesai semua.

Eject kartu SD kalian, kemudian silahkan cek apakah sudah terbaca atau belum.



4. Kalian FORMAT dari PC/KOMPUTER
 Jika mungkin kartu Micro SD kalian terlihat Baik-baik saja saat di pasang di PC/Komputer tapi sama sekali tidak terbaca di perangkat smartphone kalian maka coba saja gunakan cara yang satu ini:
SOBAT sekalian coba buat Folder baru di Hard Disk Komputer kalian,beri saja nama yang mudah utnuk di ingat dan gampang di temukan, folder baru ini adalah tempat Sementara untuk Back up semua file - file dari kartu micro SD yang rusak tadi.
Lalu copy Semua data dan file -file penting yang ada pada Memory SD kalian, lalu Paste-kan ke dalam folder baru yang kalian buat tadi.
Jika sudah yakin semua folder penting sobat sudah tersalin di PC, maka tinggal kalian Format kartu SD kalian yang bermasalah tadi.
Dan kemudian tinggal kalian kembalikan dan pindahkan semua folder yang sudah kalian salin di pc tadi ke dalam Kartu SD kalian kembali.
Dan kemudian kalian cabut Kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer kalian dan Cek lagi sudah berhasil atau belum.

5. Beli Lagi yang Baru
jika mungkin dengan 4 cara memperbaiki memory SD yang Rusak / tidak terbaca di atas Masih belum berhasil dan gagal terus, mungkin kartu Memory Card Kalian mengalami kerusakan secara fisik, entah itu RUSAK karena patah, Panas, konslet atau kerusakan fisik lainnya maka tentu saja dengan cara apapun tidak akan dapat mengembalikan Kartu memori SD kalian, maka jalan terbaik adalah membeli Micro SDyang baru dengan kualitas yang terbaik.



Itulah sedikit ulasan tentang 5 Cara Jitu Memperbaiki Memory SD yang RUSAK atau tidak terbaca di android atau smartphone sobat sekalian, semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian yang sedang mengalami kesulitan dan masalah seperti diatas, jika mungkin ada ulasan tambahan / pertanyaan, bisa sampaikan di kolom komentar di bawah yahhh...gays.... ty. 

0 Response to "5 Cara Jitu Memperbaiki MEMORY CARD yang RUSAK / Tidak Terbaca diAndroid"

Posting Komentar

Pembaca Yang " BAIK " Selalu Meninggalkan " KOMENTAR BIJAK "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel